fbpx

Tutorial Installasi WordPress Menggunakan XAMPP

Tutorial Installasi wordpress menggunakan XAMPP

Tutorial Installasi WordPress

Menggunakan XAMPP

Hello, Smart Readers !! Pada artikel ini, Author akan membahas cara install WordPress menggunakan XAMPP. Menginstall WordPress di komputer membantu Anda dalam memaksimalkan WordPress, menguji tema/plugin, dan mempelajari pengembangan WordPress.

Apa itu XAMPP ??

XAMPP merupakan sebuah cross-platform. Cross-platform satu ini bisa berfungsi sama maksimalnya baik di Linux, Mac, maupun Windows. Pengembangan web dengan menggunakan XAMPP ini dapat dikatakan mudah atau ramah bagi para pemula. XAMPP juga berguna untuk menjalankan script PHP pada localhost atau komputer tanpa harus ada koneksi internet. Dengan install WordPress di XAMPP, Anda bisa melakukan pengetesan sebuah website secara offline, tanpa perlu khawatir script Anda akan dirusak oleh orang lain. Sebelum memulai tutorial kali ini, jika Anda belum memiliki XAMPP, silahkan melakukan installasi terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa ikuti panduan dibawah ini : 1.) Download WordPress Anda bisa download WordPress dari situs resminya. Silahkan download WordPress terbaru dengan klik link ini. 2.) Copy File WordPress Bukalah folder XAMPP di komputer Anda, kemudian bukalah folder htdocs, lalu copy-lah file WordPress kedalam folder tersebut. Agar lebih mudah, bukalah Windows Explorer, lalu ketik C:\xampp\htdocs pada bagian folder address seperti gambar di bawah ini. Folder htdocs merupakan folder yang dipakai untuk menaruh file-file yang bisa dibuka di browser. Jika kita menaruh selain di folder ini, maka browser tidak akan bisa membukanya. 3.) Ekstrak WordPress Apabila file masih dalam bentuk compress, silahkan ekstrak terlebih dahulu. Default folder hasil ekstrak bernama ‘wordpress’. Anda bisa merubah nama WordPress menggunakan nama lain yang Anda inginkan dan disini saya contohkan dengan menggantinya dengan nama ‘WP’. Jika diakses, maka hasilnya akan terlihat seperti ini: 4.) Membuat Database di PhpMyAdmin Setelah selesai download WordPress dan meng-ekstraknya, yang harus kalian lakukan adalah membuat database. Mengapa harus membuat database?? Yaa benar, karena database yang kita buat ini berguna untuk menyimpan data WordPress kita. Lalu, akses localhost/phpmyadmin pada browser Anda. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan apache dan mysqlnya dengan cara membuka control panel xampp lalu klik start pada apache dan mysql. 5.) Konfigurasi WordPress Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi file config WordPress. Konfigurasi ini diperlukan untuk mengatur username, password, dan nama database yang akan digunakan. Terdapat sebuah file dengan nama wp-config-sample.php silahkan Anda ubah nama file tersebut menjadi wp-config.php. Lalu buka file wp-config-php dan isikan username, password, dan nama database Anda. Dan jangan lupa untuk menyimpannya. 6.) Buka WordPress Offline di Browser Sekarang bukalah browser untuk membuka situs WordPress offline Anda. Akseslah dengan alamat http://localhost/nama_folder. Jika milik kalian tetap memakai folder default, maka alamatnya menjadi  http://localhost/wordpress. Lalu pilih bahasa dan klik ‘Continue’.

7.) Mengisi Data Blog WordPress Isikan data-data yang dibutuhkan untuk admin dan nama website. Setelah itu klik ‘Install WordPress’. 8.) Login WordPress Setelah proses Install WordPress akan muncul pemberitahuan bahwa WordPress telah berhasil di pasang di localhost. Dan silahkan Login. Lalu masukkan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya pada saat Install WordPress. Ada cara lain yang bisa Anda gunakan, dengan mengetikkan alamat di browser http://localhost/nama_folder/wp-admin.  Selanjutnya, Anda bisa melakukan editing melalui halaman dashboard. Dan demikianlah langkah – langkah Installasi WordPress menggunakan XAMPP.

Halaman Dashboard Admin WordPress

Leave a Reply

Copyright Themes © 2023